Senin, 02 Juli 2012

BIBIT SINGKONG MANA PILIHAN SAYA

MANA PILIHAN TEPAT BIBIT SINGKONG SAMBUNG?


Memilih dan menentukan bibit singkong apalagi untuk singkong besar ataupun singkong raksasa terkadang membingungkan kawan-kawan yang akan membudidayakan singkong sambung, apalagi peminat umumnya bukan berlatar belakang petani. Hal ini sering diajukan oleh kawan-kawan calon pembudidaya Singkong Sambung PANSU yang hadir di pos lapangan Lubuk Pakam.

Sampai saat ini KSU PANSU baru mengeluarkan 2 jenis Bibit Singkong Sambung dengan sebutan PANSU-1 (Khusus Dijual ke Pabrik) dan PANSU-2 (Bisa dikonsumsi langsung ataupun untuk dijual ke pabrik). Walaupun KSU PANSU telah mengidentifikasi sebanyak 11 jenis calon bibit yang telah dikumpulkan dari seluruh wilayah RI dan akan terus diuji dan dikembangkan di lapangan sebelum dilepas ke konsumen.

Sementara tampilan bibit singkong yang dipersiapkan oleh Tim Lapangan KSU PANSU adalah jenis yang diolah secara "sambung pucuk" dan jenis yang diolah secara "okulasi/enten". Walaupun banyak cara yang telah diuji di lapangan seperti sambung batang, sambung sisip dan sambung susu. Namun yang paling ideal untuk dapat tumbuh dan berkembang lebih baik saat ditransplanting/dipindahkan ke lapangan adalah dari jenis sambung pucuk dan okulasi ini. Untuk itu bibit singkong yang dikeluarkan oleh KSU PANSU adalah dari kedua model ini.
Jenis Bibit Sambung Pucuk Siap Ditanam (Jenis PANSU-1)

Jenis Bibit Okulasi Siap Ditanam (Jenis PANSU-2)

Jenis PANSU-1 dikhususkan ditanam pada lokasi yang tidak aman dari pencurian, khususnya bagi masyarakat yang sering mencabut singkong orang lain untuk dikonsumsi. Pengalaman selama ini dengan menanam singkong jenis ini akan tidak ada para gatal tangan untuk memanen yang bukan miliknya. Kelebihan lain dari singkong sambung ini adalah tidak akan dipetik ujungnya oleh ibu-ibu (untuk dimasak) ataupun tukang pencari rumput (untuk ternak), karena ibu-ibu tahu jenis daun singkong ini tidak biasa dimakan (katanya akan memabukkan). Sedang para tukang pencari rumput, kalau ternaknya diberi daun singkong ini mudah-mudahan untuk tempo beberapa jam khususnya kambing harus disembelih karena benar-benar mabuk. Tidak percaya silahkan buktikan sendiri. Jenis umbi yang dihasilkan dari Singkong PANSU-1 ini akan berbuah banyak, besar dan panjang-panjang.

Sedang jenis PANSU-2 memang dikhususkan untuk dapat dikonsumsi ataupun untuk tujuan pabrik dan tidak akan ada reaksi memabukkan jika dikonsumsi langsung. Jenis umbi yang dihasilkan dari Singkong PANSU-2 akan berbuah lebat dan besar-besar dan pihak pabrik akan memberi harga lebih tinggi karena kandungan patinya juga tinggi.

Mudah-mudahan informasi ini akan membantu kawan-kawan pencinta pengembang singkong besar di Nusantara ini. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar