Powered By Blogger

Minggu, 01 Juli 2012

SINGKONG SAMBUNG PANSU IKUT PAMERAN HARI JADI KABUPATEN DELI SERDANG

IKUT PAMERAN SINGKONG SAMBUNG? 

MENGAPA TIDAK!!!

Singkong Sambung PANSU yang diundang untuk terlibat dalam pameran dalam rangka "Perayaan Hari Jadi Kabupaten Deli Serdang ke-66" di Lapangan Segitiga Lubuk Pakam. Walaupun tanaman singkong sambung yang diikutkan dalam pameran dan akan dilihat oleh banyak pihak masih belum cukup umur sehingga belum mencapai umur panen seperti yang seharusnya.

Tanaman singkong yang dijadikan bahan pameran tersebut disiapkan sebanyak 2 batang yang dijemput langsung ke lokasi (lahan) untuk dibawa ke tempat pameran. Seperti terlihat pada gambar Tim/Panitia (Sdr. Ir. M Kadarisman) dari Dinas Pertanian, Perkebunan dan Perikanan Deli Serdang sedang menyiapkan singkong sambung yang akan dipamerkan tersebut.

Tidak hanya hasil singkong sambung yang dibawa dalam mengikuti pameran tersebut, namun bibit Singkong Sambung PANSU juga menyertakan bibit (bahan tanaman) yang sudah siap untuk ditanam di lapangan. Bibit Singkong Sambung PANSU yang diikutkan ditampilkan dalam bentuk "Hasil Bibit Sambung" dan Hasil Bibit Okulasi".

Sampai hari ini peminat (petani/pekebun) sudah cukup banyak hadir di pos lapangan untuk melakukan order pembelian bibit singkong sambung ini. Disamping melakukan pembelian bibit singkong sambung, mereka umumnya juga melakukan diskusi dan tanya jawab seputar budidaya singkong besar ini. Bahkan umumnya mereka membeli pupuk organik yang memang sudah disiapkan di pos lapangan disamping bahan-bahan lain seperti perangsang pertumbuhan, pupuk pelengkap cair (PPC) dan anti busuk umbi. Seperti terlihat di gambar Tim Pembibitan sedang mempersiapkan bibit singkong sambung PANSU dan Pupuk Organik Cap 4 Daun untuk dikirim ke pembeli.

Yayasan PANSU melalui KSU Organik PANSU sebagai penyedia bibit singkong sambung, pupuk dan aneka jenis bahan lainnya saat ini ramai dikunjungi oleh peminat singkong besar ini. Khusus pada hari Sabtu dan Minggu selalu lebih ramai dibanding dengan hari-hari biasa. Seperti terlihat pada gambar beberapa tamu yang melakukan kunjungan di lahan dan diskusi di pos lapangan di Desa Sekip Lorong Pelak 38 Lubuk Pakam.



Tamu-tamu yang hadir tidak saja berdiskusi seputar budidaya dan pemasaran singkong saja, tetapi Tim lapangan PANSU juga banyak yang diajak ke lahan calon penanam singkong besar ini dalam rangka untuk pengecekan kesesuaian lahan.

Rintisan yang mulai berkembang di tingkat komunitas petani/pekebun singkong ini mudah-mudahan akan dapat memacu perkembangan singkong besar ini dan ketersediaan sumber-sumber pangan dalam rangka Ketahanan Pangan Nasional RI.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar