Powered By Blogger

Rabu, 13 Februari 2013

MELIRIK PENYEDIAAN BIBIT SINGKONG SAMBUNG PANSU KE PELANGGAN



Menjelang pertengahan Februari 2013 ini, Tim PANSU melakukan evaluasi terhadap penyediaan “Bibit Singkong Sambung PANSU” yang telah beredar terhitung Februari 2012 sampai dengan Februari 2013. Dari total yang sudah tersalurkan ke semua pelanggan yang ada di Sumatera Utara tercatat mencapai 300.000 batang.

Atas dasar data-data tersebut dapat diperkirakan bahwa jumlah luasan pertanaman Singkong Sambung PANSU yang ada di Sumatera Utara sudah mencapai lebih dari 66 hektar. Dominasi lokasi pertanaman mulai dari Kabupaten Deli Serdang, diikuti oleh Kabupaten Simalungun, Kabupaten Langkat, Kabupaten Serdang Bedagai dan Kabupaten Tapanuli Utara.
Sentra singkong yang ada di Sumatera Utara sebelum tahun 2009 terfokus di Kabupaten Serdang Bedagai, namun penyebarannya saat ini sudah berkembang di Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Simalungun. Kemungkinan besar akan berkembang di daerah Tapanuli untuk beberapa tahun kedepan. Jumlah pasti untuk luas tanaman singkong sambung pasti akan terus meningkat. Hal ini ditandai dengan telah berkembangnya beberapa individu yang juga melakukan proses penyambungan bibit singkong ini. Contohnya ada Singkong AOS yang dikomandani oleh Mas Supriadi dan beberapa Pemandu PANSU juga mengembangkan dan melakukan proses penjualan ke konsumen di wilayah kerjanya. Ada juga individu ataupun atas nama perusahaan yang memproduksi bibit singkong sambung ini tentunya dengan nama (brand) yang sesuai dengan selera si produsen.
Umumnya para penanam Singkong Sambung PANSU selalu berbarengan memesan pupuknya. PANSU dengan kemampuan yang ada telah memproduksi pupuk organic yang telah terdaftar untuk izin peredaran dari Kementerian Pertanian yang bermerk “Pupuk Organik Cap 4 Daun”. Pupuk ini hanya tersedia di pos lapangan PANSU yang ada di Desa Sekip Lorong Pelak 38 Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Harga yang ditawarkan ke konsumen juga sangat murah yakni untuk jenis curah Rp 700/kg dan untuk jenis granul Rp 900/kg.
Disamping memesan pupuk organic “Cap 4 Daun”, umumnya konsumen juga membutuhkan pupuk organic cair yang dipasarkan hanya Rp 18,000/liter. Disamping bahan-bahan lain seperti untuk merangsang pertumbuhan dan anti busuk umbi yang bermerk “BenPrima” yang diproduksi oleh IPB.
Banyaknya permintaan ke pos lapangan PANSU akan bibit “Singkong Sambung PANSU” ini, karena Tim PANSU mempu mengantarkan bibit yang dipesan sampai ke lapangan secara gratis. Dengan catatan bahwa radius penanaman singkong tersebut tidak lebih dari 20 Km. Sedang untuk daerah yang melebihi radius 20 km akan dibebani pengganti bensin.
Kepada seluruh konsumen Tim PANSU mengucapkan terima kasih dan untuk konsultasi dan jasa pemanenan dapat menghubungi pos lapangan dengan Sdr. Jumiri Setiawan di 061-7952655 atau HP 081362098113. PANSU juga telah mempersiapkan alat pemanen yang cukup praktis dan cepat dalam membantu proses pemanenan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar