Powered By Blogger

Minggu, 16 Desember 2012

PERAN PUPUK ORGANIK CAP 4 DAUN DAN KESESUAIAN MUSIM PADA SINGKONG SAMBUNG PANSU



PERAN PUPUK ORGANIK CAP 4 DAUN DAN KESESUAIAN MUSIM PADA SINGKONG SAMBUNG PANSU

Perjalanan melihat di berbagai tempat penanaman Singkong Sambung PANSU sangat menggembirakan hati dan pikiran. Betapa tidak, bibit Singkong Sambung PANSU yang diaplikasi dengan Pupuk Organik Cap-4 Daun masing-masing sebanyak 2 kg per batang menghasilkan pertumbuhan tanaman Singkong Sambung PANSU duahsyat pertumbuhannya.


Gambar 1. Singkong Sambung PANSU Berumur 1.5 Bulan.

Kenapa demikian adanya. Tanaman Singkong Sambung PANSU mampu tumbuh dengan begitu jagur di berbagai tempat penanaman. Sementara ada juga di beberapa tempat, pertumbuhannya kurang memuaskan mata untuk memandangnya. Banyak alasan yang dapat disampaikan dan musim menjadi salah satu penghalang dalam membudidayakan singkong sambung ini.

Seperti telah disampaikan pada tulisan-tulisan sebelumnya. Bahwa untuk menanam Singkong Sambung PANSU perlu menerapkan 4 KIAT UTAMA. Pertama, gunakan bibit Singkong Sambung PANSU dan jarak 1,5 x 1,5 atau 1,5 x 2 meter yang telah diakui banyak pihak dan telah mendapatkan penghargaan dalam lomba innovator Indonesia Tahun 2012 oleh Kementerian Riset dan Teknologi; Kedua, jangan lupa untuk menggunakan Pupuk Organik yang telah diakui keunggulannya. Pupuk Organik Cap-4 Daun sebagai salah satu pupuk organic yang sudah mendapatkan dan lulus mutunya oleh Kementerian Pertanian dan penggunaannya cukup 2 kg/batang tanaman. Ketiga, Kendalikan OPT khususnya Rumput pengganggu pada awal penanaman. Rumput akan tumbuh subur pada bulan pertama sampai dengan bulan keempat. Sedang pada bulan kelima rumput dengan sendirinya akan mati karena sudah tertutup tajuk tanaman singkong sambung yang ada. Sedang Keempat, usahakan lahan tanaman Singkong Sambung yang dikembangkan tidak ada tergenang oleh air. Jika tergenang, maka alamatlah….umbi yang ada di dalam akan menjadi busuk.
4 Kiat keberhasilan penanaman Singkong Sambung PANSU tersebut, tampaknya tidak bisa ditawar-tawar lagi. Dengan menerapkan 4 Kiat tersebut banyak mitra petani ataupun pekebun yang telah menerapkan sangat puas dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Indikatornya, tentu dengan adanya perluasan penanaman dari pengalaman penanaman tersebut. Beberapa hal yang telah melakukan perluasan seperti petani dari Kabupaten Langkat, dari Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang, dari beberapa desa di Serdang Bedagai, dari Simalungun, dan dari Jawa Barat.

Dukungan musim penghujan ternyata juga menjadi penting untuk menjadi pertimbangan lain dalam mengembangkan Singkong Sambung PANSU ini. Buktinya, pada lahan-lahan yang tercukupinya curah hujan pada awal penanaman selalu menginformasikan sangat baik pertumbuhannya. Namun bagi petani yang memiliki mesin untuk proses pengairan di awal tanam juga menyampaikan tidak terkendala dengan musim. Jadi, awal penanaman memang memerlukan air yang cukup dalam rangka untuk mendukung pertumbuhan awal tanaman singkong sambung ini.

Kepada para khalayak yang akan mengembangkan Singkong Sambung PANSU, sudah layaknya pada bulan November sampai dengan Akhir Februari setiap tahunnya untuk melakukan proses penanaman Singkong Sambung PANSU ini. Selamat kepada seluruh pengguna bibit Singkong Sambung PANSU yang telah terlayani, sementara pihak yang masih dalam waiting list mohon bersabar dan mudah-mudahan sebelum musim kering tiba, Bibit Singkong Sambung PANSU sudah tertanam di lapangan. Tentunya dengan menerapkan 4 Kiat tersebut. Mdn17122012_sbr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar